Minggu, 07 Januari 2018

Paket Wisata Religi ke Pura Vaikuntha Vyomantara Yogyakarta

paket wisata religi jogja, paket wisata jogjakarta, tour murah jogja, Paket Wisata Religi ke Pura Vaikuntha Vyomantara Yogyakarta

Paket Wisata Religi ke Pura Vaikuntha Vyomantara Yogyakarta: Pura Vaikuntha Vyomantara di Pangkalan TNI AU Adisutjipto yogyakarta,dibangun diatas Lahan seluas + 5000 m2 ( 50 Are ) yang berlokasi di Pangkalan TNI AU Adisutjipto,Bantul, Yogyakarta yang bersebelahan dengan Museum Dirgantara Mandala TNI AU Yogyakarta. Dalam perawatan pura sehari-hari dilaksanakan oleh pembinaan mental TNI AU, bersama-sama dengan Paguyuban Umat Hindu Lanud Adisutjipto “Dharma Laksana” sebagai pengempon pura . 

Nama Pura “Vaikuntha Vyomantara”. Vaikuntha artinya Inkarnasi Shri Wisnu, yang diliputi oleh Maya, tanaman Suci atau Shri Wisnulah yang menyatukan ke-33 Dewa yang menjaga semesta alam. Vyomantara artinya Angkasa, Loka, Luhuring Acintya. Jadi Vaikuntha Vyomantara artinya alam dimana dewa Wisnu mencapai kesempurnaan tertinggi, luhuring Acintya,pura angkasa yang penuh dengan tanaman suci dan tempat untuk mencapai ketenangan,kebijaksanaan dan pengetahuan suci ( kitab Suci Wisnu Purana )

Upacara Pawedalan pura Vaikuntha Vyomantara

Hari Pawedalan Pura Vaikuntha Vyomantara di Pangkalan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta dilaksanakan setiap tahun sekali bertepatan dengan Purnama yaitu “ Purnamaning Sasih Kedasa”

Pura Vaikuntha Vyomantara di lanud Adisutjipto Yogyakarta dibangun atas kebutuhan umat Hindu yang berdinas dan bertugas di Pangkalan TNI AU Adisutjipto Yogyakarta,di samping itu juga merupakan kebijakan dari pimpinan TNI Angkatan Udara untuk menyiapkan sarana tempat ibadah bagi prajurit TNI beserta keluarganya yang beragama Hindu dalam bentuk Pura, Mengingat di pangkalan TNI AU Adisutjipto belum Memiliki pura sebagai tempat untuk melakukan persembahyangan, Pembinaan Mental bagi Prajurit TNI AU beserta keluarganya,Karbol AAU,dan Siswa Sekolah penerbang khususnya yang beragama Hindu ,untuk itu sangat dibutuhkan adanya tempat Ibadah/pura.

Pura Vaikuntha Vyomantara di Pangkalan TNI AU Adisujtipto Yogyakarta dirintis dan didirikan dalam waktu yang cukup Panjang mulai tahun 1997 sampai tepatnya 23 Mei 2007 dapat dilaksanakannya proses peletakan Batu Pertama berdirinya Pura vaikuntha Vyomantara Oleh komandan Pangkalan TNI AU Adisutjipto Marsma TNI Benyamin Dandel,S.IP selaku Komandan pangkalan TNI AU Adisutjipto.

Pada acara Peletakan Batu pertama berdirinya pura Vaikuntha Vyomantara dihadiri oleh seluruh Pejabat dilingkungan Lanud Adisutjipto, PHDI DIY,PHDI Kabupaten dan Kota Se-DIY dan Peguyuban Umat Hindu lanud Adisutjipto “Dharma laksana” dan masyarakar Hindu sekitarnya. Pada kesempatan tersebut Marsma TNI Benyamin Dandel,SIP mengharapkan dengan dibangunnya Pura betul –betul dapat dimanfaatkan dan difungsikan dengan sebaik-bainya Untuk melaksanaakan fungsi pembinaan mental ( Bintal ) bagi prajurit TNI AU beserta keluarganya,Para Karbol AAU,Siswa Sekolah penerbang khususnya yag beragama Hindu untuk dapat berperan dalam menyiapkan insan prajurit yang Sapta Marga, Pancasilais serta memiliki mental yang prima.

Tahapan dalam pembangunan pura Vaikuntha Vyomantara:

I. Kegiatanya diawali dengan membersihkan lokasi,Nyukat karang /Nyuciang Karang Oleh Ida Begawan Putra Manuaba dari Geriya kasihan, Bantul,Yogyakarta

II. Pada hari Jumat,18 Mei 2007 rapat koordinasi dihadiri oleh Panitia,pada rapat tersebut dibahas proses dan langkah selanjutnya dalam pembangunan Pura meliputi ; persiapan Prosesi nunas Pancer/Batu untuk dasar Padmasana di Puncak Gunung Merapi , Nunas Tirta untuk Persiapan Nasarin, Peletakan Batu pertama serta Pelaksanaan pembangunan selanjutnya.
III. Pada tanggal 15 Mei 2007 kunjungan dari kadiswatpers Mabes AU Marsma TNI Anggora beserta rombongan diterima Komandan Lanud Adisutjipto didampingi Mayor Sus Drs.Made worda Negara selaku perwira rohani dan Letkol PNB Nyoman Tri Santosa selaku Panitia)

IV. Pada hari Minggu 20 Mei 2007 dilaksanakan Nunas Pancer /Batu untuk dasar bangunan Pelinggih kepuncak gunung merapi di Daerah Kaliurang Kabupaten sleman yogyakarta,diawali mohon ijin ke Mbah Marijan juru kunci gunung Merapi .

V. Dilanjutkan pada hari Rabu,23 Mei 2007 dilaksanakanlah upacara Peletakan Batu Pertama oleh Marsma TNI Benyamin Dandel,S.IP selaku Komandan Lanud Adisutjipto yang dihadiri oleh seluruh pejabat di Jajaran Pangkalan TNI Angkatan Udara,PHDI DIY,dan seluruh warga Paguyuban Dharma laksana dan Umat Hindu sekitarnya. Mulai saat inilah dilaksanankannya proses awal pembangunan pura diawali pondasi dan pagar bumi dilanjutkan menggali dasar pondasi padmasana dan bangunan pelinggih lainnya seperti :,bale pepelik,Taksu,Pengelurah,Tamansari.

VI. Pada Purnama kedasa tepatnya pada tanggal 9 april 2009 dilaksanakan upacara pemelaspasan/peresmian pura vaikuntha Vyomantara oleh Komandan lanud Adisutjipto Marsma TNI R. Hari Mulyono yang dihadiri oleh pejabat di jajaran Lanud Adisutjipto Yogyakata,PHDI DIY dan Kabupaten dan Kodya, Masyarakat Hindu DIY,Karbol Aau dan Siswa Seklah Penerbang Yang beragama Hindu dan pada purnama Kedasa dijadikan hari Pawedalan Pura vaikuntha Vyomantara.

VII. Pada tanggal 17 Agustus 2010 di pura Vaikuntha Vyomantara dibentuklah wadah pemuda pura vaikuntha vyomantara, dengan nama “Yowana Dharma Laksana” anggotanya sebagian besar mahasiswa yang belajar di daerah Yogyakarta dari berbagai daerah, karena memang saat berdirinya pura dipadati oleh mahasiswa/generasi muda

VIII. Pada bulan Pebruari 2010 dilanjutkan pembangunan Bale pendukung Bale Serba Guna yang berlokasi di Madya mandala sebagai tempat bale Pesandekan,Bale Gong,bale pesamuan/tempat pelaksanaan Pertemuan bagi umat hindu atau warga Paguyuban Dharma Laksana.

IX. Walaupun pura baru dibangun,kegiatan Persembahyangan/ Ibadah cukup padat yang dicanangkan oleh Pengempon pura; Perwira Rohani, Paguyuban Dharma Laksana dan Pemuda-Pemudi Yowana Dharma Laksana pada Hari – hari Besar agama Hindu seperti :
  • Persembahyangan hari raya Galungan dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00 sampai selesai
  • Persembahyangan hari raya Kuningan dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00,
  • Persembahyangan Hari raya Saraswati dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00 sampai selesai,
  • Persembahyangan hari raya Pagerwesi dilaksanakan pada pagi hari pkl.07.00 sampai selesai,
  • Persembahyangan hari raya Siwaratri dilaksanakan pada pkl.17.00 dilanjutkan mejagra di pura Vaikuntha Vvyomantra,
  • Ibadah hari raya Nyepi dilaksanakan brata Penyepian di Pura Vaikuntha Vyomantara 
  • Persembahyangan hari raya Purnama dan Tilam pada pkl.17.00 sampai selesai
  • Hari raya Tumpek Landep dilaksanakan pagi hari pkl.08.00 sampai selesai dilanjutkan mantenin motor atau mobil bagi umat sedharma bantennya disiapkan oleh Pengempon Pura “Paguyuban Umat Hindu Lanud Adisutjipto “ Dharma laksana” dan Pemuda Pura “ Yowana Dharma laksana”.
  • Setiap hari Minggu pagi,Pkl.07.30 Wib dilaksanakan Persembahyangan bersama umat Hindu dilanjutkan pembinaan rohani

Demikian info singlkat tentang Pura vaikuntha Vyomantara yang baru di bangun,walaupun pura baru di bangun, para pemedek sudah mulai berdatangan untuk rawuh tangkil ngaturang pangabakti baik Masyarakat Hindu yang berada di wilayah Yogyakarta maupun dari luar Yogyakarta seperti Jakarta,Banten,Bali dan lain-lain untuk melaksanakan persembahyangan dan Tirtayatra.

Bagi Umat sedharma dimanapun berada yang akan pergi ke daerah Istimewa Yogyakarta untuk dapat tangkil ngaturang pangabhakti serta pura Masih dalam tarap Pembangunan. Bangunan yang belum dibangun meliputi : Utama Mandala : Kuri agung, Pesambyangan,Bale Pawedan,Gedong Simpen sedangkan di Madya mandala seperti : Bale pesamuan, Bale Kulkul,Dapur Suci dan di Nista Mandala.

Jika anda membutuhkan jasa transportasi atau paket wisata menuju Masjid Kota Gede, silahkan menghubungi kami. Kami sebagai penyedia layanan sewa mobil di jogja, siap mengantarkan anda.

Reservasi:

  • Phone: 0813-9360-9578
  • Whatsapp: 0813-9360-9578
  • Email: info@persadatransport.com
\
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top