Jumat, 08 Desember 2017

Lokasi Wisata di Jogja (50 Tempat Menarik Untuk di Kunjungi)

Tak dapat dipungkiri bahwa Yogyakartamenjadi salah satu kota tujuan destinasi wisata favorit bagi wisatawan. Pada akhir pekan maupun hari libur, Kota Gudeg ini pasti ramai dikunjungi oleh para travelers mulai dari anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Bukan tak punya alasan hlo Sob, Jogja selain kota berpenduduk yang sangat ramah dan juga nyaman untuk berlibur.

Tetapi ada satu daripada Kota Pelajar ini banyak wisatawan yang datang, lain tak lain adalah tempat wisatanya yang lengkap serta sangat menarik. Coba deh untuk mengeksplor tempat-tempat wisata di Jogja mulai dari yang terpopuler hingga yang masih jarang dijamah. Di bawah ini ada info tentang ditinasi wisata di Jogja yang bisa menjadi pertimbangan sebelum melakukan acara liburan Anda. Yuk Kita simak ulasan detailnya ... !


borobudur temple, candi borobudur, paket wisata jogja

1. Candi Borobudur

Tempat Wisata Jogja: Candi yang berlokasi di Kota Magelang ini merupakan salah satu primadona wisata di Kawasan Yogyakarta bahkan sudah terkenal hingga ke berbagai belahan dunia. Candi berbentuk Stupa ini didirikan oleh para penganut agama Budha Mahayana pada masa pemerintahan Wangsa Syailendra sekitar tahun 800-an Masehi.

Bangunan Borobudur adalah candi atau Kuil Budha terbesar di dunia yang mana terdiri atas enam teras berbentuk bujur sangkar dan diatasnya terdapat pelataran melingkar. Tercatat terdapat 2.672 hiasan panel relief di dindingnya dan 504 arca Budha yang mana memiliki koleksi relief Budha terlengkap dan terbanyak di dunia.

Untuk bisa masuk ke area Candi Borobudur, para pengunjung diwajibkan menggunakan sarung yang akan dipinjamkan di pintu masuk tempat wisata.


candi prambanan, prambanan temple, tempat wisata candi prambanan, candi prambanan yogyakarta

2. Candi Prambanan

Tempat Wisata Jogja: Atau Candi Roro Jonggrang ialah kompleks percandian Hindu terbesar di Asia Tenggara yang sudah dinyatakan UNESCO sebagai salah satu warisan kebudayaan dunia di tahun 1991. Kompleks Candi Prambanan berada di Kecamatan Prambann, Sleman dan Kecamatan Prambanan, Klaten. Secara jelasnya terletak di desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman dan pintu masuknya berlokasi di wilayah desaTlogo, Prambanan, Klaten.

Arsitektur bangun candi berbentuk tinggi dan ramping selaras dengan arsitektur Hindu pada umumnya, Candi Siwa sebagai candi utama berketinggian 47 meter menjulang di tengah kompleks gugusan candi yang lebih kecil. Tempat wisata di Jogja ini memiliki paronama eksotik tatkala cahaya senja menyinari bangunan candi  dengan gradasi dan desain candi yang begitu mempesona.

3. Candi Plaosan

Tempat Wisata Jogja: Adalah sebuah kompleks percandian yang berada di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Candi Plaosan juga bisa disebut Candi Kembar yaitu Candi Plaosan Kidul dan Candi Plaosan Lor yang mana jarak keduanya saling berdekatan yakni berjarak 100 meter saja.
Kompleks Candi plaosan di bangun pada abad ke-9 oleh seorang raja bernama Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan di zaman Kerajaan Medang atau Kerajaan Mataram Kuno. Cerita punya cerita masyarakat bahwasannya Candi Plaosan memiliki kekuatan cinta kasih antara Rakai Pikatan dan Pramudya Wardhani.

Oleh sebab itulah, banyak yang meyakini akan mendatangkan berkah bagi pasangan yang mengunjungnya. Maka jangan heran jika obyek wisata tersebut cukup diminati bagi pasangan suami isti yang ingin memiliki keturunan.

4. Candi Sambisari

Tempat Wisata Jogja: Candi Sambisari di bangun pada abad ke-9 di masa pemerintahan Raja Rakai Garung yakni zaman Kerajaan Mataram Kuno. Kompleks percandian ini mempunyai candi utama yang didampingi tiga Candi Perwara ( pendamping ). Kompleks Candi Sambisari merupakan candi Hindu ( Siwa ) yang berada di daerah Purwomartani, Kalasan, Sleman, Yogyakarta.

Dari informasi yang tercatat, candi ini di temukan pada tahun oleh seorang petani desa Sambisari dan kemudian di pugar pada tahun 1986 oleh Dinas Purbakala. Pada ditemukannya Candi sambisari berada di 6,5 meter di bawah permukaan tanah, kemungkinan besar dulunya tertimbun lahar dari Gunung Merapi.

5. Keraton Yogyakarta

Tempat Wisata Jogja: Meskipun kesultanan Yogyakarta secara resmi sudah menjadi bagian dari Republik Indonesia di tahun 1950 silam, bangunan keraton ini masih digunakan sebagai tempat tinggal sultan dan rumah tangganya serta masih menjalankan tradisi kesultanan hingga saat ini. Sebagian bangunan di kompleks keraton dijadikan museum yang menyimpan barang-barang milik kesultanan, replika pusaka keraton, dan gamelan.

Keraton yogyakarta adalah contoh bangunan yang memiliki arsitektur Istana Jawa dengan model terbaik, didalamnya terdapat balairung-balairung mewah serta lapangan dan paviliun yang luas. Di tempat wisata inilah Kalian bisa melihat warisan budaya baik berbentuk upacara ataupun benda-benda kuno dan bersejarah.

Alamat; Jalan Alun-Alun Utara, Daerah Istimewa Yogyakarta atau Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

6. Istana Air Taman Sari

Tempat Wisata Jogja: Pada awalnya, bangunan ini merupakan tempat rekreasi bagi keluarga kerajaan sekaligus sebagai benteng pertahanan yang di bangun pada tahun 1758-1765 oleh Sri Sultan Hamengku Buwono I. Kini Istana Air Taman Sari menjadi salah satu cagar alam budaya Yogyakarta dan menjadi tempat wisata terpopuler di daerahnya.

Istana Air Taman Sari atau julukannya “The Fragrant Garden” memiliki luas sekitar 10 Ha dengan 57 bangunan baik berupa gedung, kanal air, kolam pemandian, jembatan gantung, danau buatan dan pulau buatan.  Alamat; Jalan Nogosari No. 6, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55132.

7. Kebun Binatang Gembira Loka

Tempat Wisata Jogja: Merupakan kebun binatang satu-satunya yang dipunyai DIY dan Kebun Binatang Gembira Loka juga tergolong museum berkategori Zoologium ( museum satwa ). Didalam sejarahnya kebun binatang ini ialah museum tertua di Yogyakarta. Selain menampilkan satwa langka ( mamalia, reptilia, aves, amfibia, pisces )didalam kandang besi, berpagar tembok maupun kayu.

Di kawasan Kebun Binatang Gembira Loka juga memiliki koleksi Binatang awetan yang ditempatkan dalam ruangan khusus. Untuk mensiasati keceriaan pengunjungnya, di tempat wisata ini juga disediakan berbagai macam wahana rekreasi mulai dari naik gajah, genjot bebek, naik unta, gua replika, dan masih banyak lainnya.
Jalan Kebun Raya No. 2 Kotagede, Daerah Istimewa Yogyakarta.

8. Jalan Malioboro

Tempat Wisata Jogja: Terlintas kata Malioboro pasti sudah banyak yang tahu bahwa tempat ini menjadi pusat oleh-oleh khas Yogyakarta. Sepanjang jalan, mudah Anda temukan beragam suvenir khas seperti kaos, batik, blangkon, sandal, kerajinan tanagan hingga bakpia patok dan yangko yang merupakan jajanan khas Yogyakarta.

Untuk wisata kulinernya, terdapat deretan pedagang kaki lima yang menawarkan sajian sederhana namun lezat. Jangan sampai lupa mencicipi nasi gudeng yang sudah menjadi kuiner wajib di daerah Yogyakarta. Di tepi jalannya terdapat deretan tukang becak dan delman yang mana menunggu pelanggan maupun menawarkan paket  keliling tempat wisata sekitar dengan harga yang relatif murah.

Keramaian di Jalan Malioboro ini tak hanya di siang hari, pada malam hari pun ramai dikunjungi wisatawan dengan budaya lesehan dan angkringan tak bisa terlepaskan dari kota nan cantik ini.

9. Benteng Vredeburg

Tempat Wisata Jogja: Saat ini selain sebagai peninggalan bersejarah, Benteng Vredeburg juga dipergunakan sebagai museum yang berisikan tentang sejarah Indonesia dalam bentuk diorama. Selain itu, terdapat banyak lukisan, gambar dan juga benda-benda peninggalan bersejarah di jaman penjajahan Belanda. Ketika memasuki kawasan benteng akan terasa suasana jaman Belanda dengan arsitektur bergaya Eropa. Benteng Vredeburg berbentuk bujur sangkar dan mempunyai 4 menara pengintai di setiap sudutnya.

Dari menara pengintai itulah para wisatawan bisa melihat keindahan kota yang menawan dan merupakan tempat favorit selfi. Bagi wisatawan yang ingin berkeliling benteng, selain berjalan kaki bisa juga menyewa sepeda Onthel guna untuk kemudahan menjelajahinya. Lokasi Benteng Vredeburg sangat dekat dengan Jalan malioboro.

10. Kawasan Titik Nol Kilometer

Tempat Wisata Jogja: Titik Nol Kilometer Kota Yogyakarta ialah sebuah titik yang menjadi patokan penentuan jarak antar daerah di Yogyakarta atau kota-kota lain di luar Yogyakarta. Secara keseluruhan, letak Titik Nol Kilometer berada di sepanjang jalan antara Alun-Alun Utara hingga Ngejaman di ujung selatan Malioboro.

Kawasan di sekitar Titik Nol Kilometer merupakan kawasan sejarah berupa bangunan-bangunan kuno yakni bangunan-bangunan tua peninggalan Belanda. Dikawasannya yang sangat strategis menjadi sentra perekonomian masyarakat Yogyakarta meliputi kawasan Malioboro, kawasan Jalan KH Ahmad Dahlan, Pasar Beringharjo, dan kawasan Jalan Wijilan.

Pada malam hari di sepanjang Jalan Jend. Ahmad Yani dan Jalan KH Dahlan menjadi tempat muda-mudi nongkrong serta menjadi tempat berkumpulnya komunitas-komunitas tertentu untuk mencari inspirasi dan berekspresi. Monumen Serangan Umum Satu Maret juga masih di dalam Kawasan Titik Nol Kilometer yang kerap dipakai untuk konser musik.

11. Istana Ratu Boko

Tempat Wisata Jogja: Isatana Boko ini ialah Candhi Ratu Boko yang mana merupakan situs purbakala dan sisa bangunannya berada di ketinggian 196 dpl di Kabupatn Sleman, Yogyakarta. Dengan luas kawasannya mencapai 25 Ha, situs ini menampilkan atribut sebagai mana tempat berkegiatan atau situs pemukiman.

Sebagai konsekuensi pemerintahan setempat, situs Istana Ratu Boko dfitata ulang pada beberapa tempat untuk dijadikan tempat pendidikan dan berbagai macam kegiatan budaya. Di muka gapura juga dibangun bangunan tambahan yakni restoran dan Plaza Andrawina guna kegiatan pertemuan yang berkapasitas 500 orang. Selain itu pula, pengelola wisata menyediakan tempat perkemahan dan trekking, paket edukatif, juga pemandu wisata.

12. Pantai Parangtritis

Tempat Wisata Jogja: Nama Parangtritis adalah nama sebuah desa di Kecamatan Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Tempat ini merupakan obyek wisata yang sangat terkenl di Yogyakarta yang berupa pantai. Pantai Parangtritis memiliki keunikan pemandangan yang jarang di temukan di tempat wisata lain seperti ombak yang besar dan juga adanya gunung-gunung pasir di sekitar pantai atau bisa  disebut gumuk.

Adalah tempat wisata terbaik untuk menikmati sunset sambil halving fun menaklukkan gundukan pasir dengan ATV atau menyusuri pantai dengan kereta kuda dan kuda dalam senja yang romantis. Obyek wisata Pantai Parangtritis juga menawarkan kegembiraan bagi mereka yang berwisata bersama keluaga.

Ternyata banyak wisatawan yang belum tahu bahwa di sebelah timur tebing, tersembunyi sebuah reruntuhan candi. Candi yang bernama Candi Gembirawati lokasinya hanya beberapa ratus meter dari bibir Pantai Parngtritis. Untuk melihatnya kalian harus melewati jalan setapak dekat Hotel Queen of The South kemudian masuk ke jalan setapak ke arah barat sekitar 100 meter.

13. Pantai Pok Tunggal

Tempat Wisata Jogja: Pantai Pok Tunggal berada di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta ini memiliki paronama indah berupa hamparaan pasir putih dan perbukitan karts. Pada sisi timur dan barat Pantai Pok Tunggal terdapat tebing-tebing karang yang menjulang tinggi nan kokoh. Satu lagi keunikan di pantai ini adalah adanya mata air tawar yang berasal dari aliran sungai bawah tanah khas daerah karst.

Pemandangan pantai akan jauh lebih sempurna jika dinikmati dari bukit sebelah barat pantai, selain itu dai balik bukit tebing sebelah timur para wisawatan juga akan menjumpai beberapa primata liar. Ramainya wisatawan lokal maupun asing membuat pengelola pantai mengembangan kawasan pantai dengan menyediakan fasilitas-fasilitas dengan kenyamanan yang lebih.

14. Pantai Parangkusumo

Tempat Wisata Jogja: Wisata bernuansa mistis dan memiliki keistimewaan yang menjadikan pantai ini ramai dikunjungi wisatawan dari manapun. Mitos yang masih berkembang di kalangan masyarakat Yogyakarta dan Jawa pada umumnya tentang sosok Ratu Pantai Selatan yang membantu kekuasaan raja-raja mataram.

Dengan adanya legenda tersebut menjadikan Pantai Parangkusumo banyak di pakai sebagai tempat diselenggarakannya berbagai acara ritual warisan nenek moyang. Yang sering dilakukakn oleh Keraton Yogyakarta maupun kelompok masyarakat mulai dari tirakatan, semedi, upacara melesti dan lain sebagainya.

Pantai Parangkusumo terletak di Kabupaten Bantul yang jaraknya sekitar 30 km sebelah Kota Yogyakarta. Berkunjung ke Pantai Parangkusumo akan sangat menarik jika menepati dengan berlasungnya acara upacara ritual Labuhan atau Melasti. Selain itu ada moment yang sangat menarik yaitu pada waktu sunset tiba dengan pesona dan suasana romantis yang begitu istimewa.

15. Pantai Baroan

Tempat Wisata Jogja: Dimana terkenal dengan keindahan pantainya yang sejuk dan masih asri, karena diapit oleh dua bukit yang indah. Keunikan dan ciri khas Pantai Baroan yang tak boleh Kalian lewatkan ialah Sungai Bawah Tanah yang airnya mengalir deras ke laut hingga membentuk sebuah sungai. Bukan Cuma itu saja,  keseruan akan lebih lengkap menjelajahi pantai dengan menggunakan perahu bermesin.

Oh iya sob, wisatawan juga bisa membeli bebrapa ikan di tempat pelelangan ikan yang diantaranya seperti ikan tongkol, bawal putih, udang widu dsb. Fasilitas di kawasan Pantai Baroan meliputi Hotel, restoran atau warung makan dengan harga ekonomis, Camping Ground, dan juga pemancingan ikan. Lokasi: Desa Kemadang, Kecamatan Tanjung Sari, Kabupaten Gunungkidul,  Yogyakarta.

16. Pantai Siung

Tempat Wisata Jogja: Salah satu ciri khas Pantai Siung ini tak lain adalah batu-batu karang berukuran raksasa yang terbentang dari timur hingga barat pantai. Kebanyakan wisatawan atau pengunjung yang datang ke pantai ini melakukan kegiatan mendaki tebing. Nah bagi kalian yang berkehendak mendaki bersama teman-teman dan ingin menginap dapat mendirikan tenda di lokasi camping Ground yang terletak di sebelah timur pantai.

Ingin merasakan sensasi seru camping diatas karang ? cobalah trekking ke deretan tebing karst di bagian barat pantai. Diantara tebing tesebut terdapat tanah lapang nan luas yang bisa Kalian gunakan sebagai lokasi mendirikan tenda. Keeksotisan pemandangan Pantai Siung akan tampak sempurna dilihat dari ketinggian.

Alamat Pantai Siung berada di Dusun Wates, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

17. Pantai Nglambor

Tempat Wisata Jogja: Bisa juga di sebut sebagai tempat snokerling  di Jogja hlo, karena memiliki air yang jernih bahkan pengunjung bisa dengan leluasa melihat karang, rumput laut, ikan-ikan, serta aneka biota laut lainnya dari permukaan air saja. Lokasi pantai berada di teluk sehingga tak usah khawatir tergulung ombak besar.

Sebab alasan dan kelebihan itulah tidak hanya wisatawan lokal yang datang, melainkan turis dari luar negeri seperti Belanda, Singapura, Prancis dan lain-lain. Pantai ini terletak di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Obyek wisata pantai Nglamor buka 24 jam, jelasnya tidak rekomented datang di waktu malam karena belum tersedianya penginapan.

18. Pantai Timang

Tempat Wisata Jogja: Wisata menantang nyali yang disajikan di Pantai Timang Yogyakarta ialah menaiki kereta gantung. Patai tersebut terbagai menjadi dua bagian, di bagian pertama sebelah timur merupakan pantai dengan pasir berwarna putih dan bagian kedua yang berada di sebelah barat berupa perbukitan batu-batuan berbatasan dengan laut yang cukup tejal.
Walaupun berupa tebing terjal, disinilah tempat favoritnya yakni agar dapat sampai ke tebing tersebut harus menggunakan kereta gantung dengan jarak meluncur sejauh 100 meter. Dibalik kerasnya perjuanganmu, sejauh mata memandang akan melihat betapa spektakulernya pemandangan yang tersaji.

Lokasi Pantai Timang terletak di Pedukuhan Danggalo, Desa Purwodadi, Kecamaan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, yogyakarta.

19. Museum Affandi

Tempat Wisata Jogja: Museum Affandi terletak di pinggir Sungai Gajah Wong, Jalan Laksda Adisucipto No. 167 Yogyakarta ialah museum yang  mengoleksi hasil karya pelukis Affandi. Bangunan ini menempati lahan seluas 3.500 meter persegi yang terdiri dari empat galeri beserta dengan pelengkapnya seperti tempat pembelian tiket, dua studio, dan juga tempat tinggal pelukis Affandi beserta keluarganya.

Museum Affandi memiliki atap berbentuk daun pisang yang mana terdiri dari dua lantai, lantai atas sebagai kamar pribadi dan lantai bawah untuk ruang tamu. Kini Rumah Affandi dialih fungsikan menjadi Cafe Loteng yang bisa dikunjungi pengunjung. Sebanyak 300 karya lukisan Affandi tersimpan rapi di dalam museum, selain itu pula terdapat karya lukisan para pelukis Indonesia lainnya.

20. Museum Sonobudoyo

Tempat Wisata Jogja: Museum ini adalah museum terlengkap ke-2 setelah Museum Nasional di Jakarta yang mengoleksi berbagai kesenian dan kebudayaan. Selain mengoleksi keramik di zaman Neolitik dan patung perunggu dari abad ke-8, Museum Sonobudoyo juga menyimpan beberapa macam bentuk wayang kulit, senjata-senjata kuno, juga topeng Jawa.

Saat ini bangunan Museum senobudoyo terdiri dari dua unit, Unit I berlokasi di Jalan Trikora N0.6 Yaogyakarta dan Unit II beradad di Ndalem  Condrokiranan, Wijilan, yakni di sebelah timur Alun-Alun Utara Keraton Yogyakarta. Museum Unit II pada malam hari rutin menampilkan pertunjukan wayang kulit fersi aslinya dengan menggunakan bahasa Jawa dan diiringi dengan musik gamelan.

Pertunjukannya disajikan secara ringkas yang dimulai dari jam 08:00 sampai jam 22:00 malam. Bagaimana seru kan ? tunggu apa lagi untuk menikmati segala koleksi unik di Museum Senobodoyo ini.

21. Museum Mini Sisa Hartaku

Tempat Wisata Jogja: Dimana tempat yang akan mengingatkan dan mengenang Kita dengan masa-masa terdahulu yang berkaitan dengan sejarah. Menurut info yang didapatkan, museum ini dulunya rumah Bpk. Riyanto segenap keluarganya. Selain unik, ditempat ini Kalian bisa merasakan pedihnya saat letusan Gunung Merapi yang terjadi di tahun 2010 silam.

Koleksi yang tersaji di sepanjang museum itu tak lain adalah benda-benda yang tersisa setelah tragedi tersebut. Jika Kamu penasaran dan tertarik ingin mengetahui seperti apa keadaan benda-benda tersebut secara langsung, silahkan berkunjung ke Museum Mini Sisa Hartaku yang beralamatkan di daerah Petung, Kepuharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta.

22. Gunung Merapi

Tempat Wisata Jogja: Jalan-jalan ke Jogja ? jangan sampai lupa berwisata di lereng Gunung Merapi, atau mudahnya di Lava Tour Merapi. Di kawasan ini para pengunjungnya bisa melihat lava ( lahar ) yang berasal dari Gunung Merapi pada tahun 2010 hlo bro. Oke lanjutin aja, untuk menjelajahi itu semua bro-bro semua bisa menggukana jasa JWM yakni Jeep Wisata Merapi.
Komunitas ini beroperasi di wilayah Lava Tou Merapi yang tepatnya berada di Dusun Krangkah, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Kamu akan di antar berwisata menyusuri daerah-daerah yang hancur dan tempat-tempat bersejarah akibat dari letusa Gunung Berapi di tahun 2010 silam.

23. Gunung Api Purba Nglanggeran

Tempat Wisata Jogja: Hay Guys ini dia gunung berapi yang pernah aktif sekitar 60-70 juta tahun lalu, sekarang gunung tersebut dinyatakan Non Aktif.  Ternyata gunung ini berbentuk bongkahan batu andesit raksasa yang membentang sekitar 800 meter dengan tinggi 300 meter telah menarik perhatian banyak wisatawan. Keindahan spektakuler yang ditawarkan meliputi Sunrice dan Sunset  serta paronama terbitnya bulan di malam hari.

Atau bisa melakukan panjat tebing atau rock climbing yang memacu andrenalin, keistimewaan alam berupa deretan pegunungan dan perkampungan penduduk yang menarik mata. Udah deh jika penasaran  langsung saja tancap gass ke Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta untuk merasakan sensati wisata yang berbeda.

24. Goa Pindul

Tempat Wisata Jogja: Spek Goa Pindul ialah memiliki panjang sekitar 350 meter, lebar 5 meter, jarak permukaan air dengan atap goa 4 meter, serta kedalaman air 5-12 meter. Oh ya, Goa Pindul mempunyai 3 zona  yang terdiri dari Zona terang, zona remang, dan zona gelap dengan waktu sekitar 45 menit untuk menyusurinya.

Nah loh wisata kali ini adalah Cavetubing yakni hampir sama dengan rafting, ditengah goa terdapat sebuah ruangan yang lumyan lebar dengan lubang diatasnya atau warga setempat menamainya sumur terbalik. Saat menyusuri goa, Anda akan melihat sebuah stalagtit yang sudah menyatu dengan stalagmit yang nampak seperti pilar besar.

Tahukan kamu bahwa stalagtit ini meruakan tebesar di Goa Pindul dan mendapat peringkat nomor 4 di dunia. Wisata yang sudah ngehits ini berada di Desa Gelaran Bejiharjo, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta yang mana menyajikan keindahan batu stalagtit dan stalagmit yang mempesona.

25. Goa Jomblang

Tempat Wisata Jogja: Goa yang letaknya di Padukuhan Jetis Wetan, desa Pacarejo, Kecamatan Smanu, GunungKidul ini merupakan goa vertikal yang bertipe Collapse Doline. Bentuk tersebut terbentuk akibat proses geologi amblesnya tanah beserta vegetasi yang berada di atasnya kedasar bumi yang terjadi ribuan tahun lalu.

Runtuhannya membentuk sinkhole ( sumuran ) atau Luweng dalam sebutan Bahasa jawa, itulah yang membuat unik dengan luas mulut goa sekitar 50 meter dengan nama trennya Luweng Jomblang. Untuk menelusurinya diperlukan tehnik tali tunggal atau single rope technique, yang barang siapapun yang hendak caving wajib menggunkan peralatan khusus berstandar keamanan dengan didampingi oleh penelusur goa yang sudah berpengalaman.

Perlu Kalian ingat, jika ingin menikmati keindahan Goa Jomblang secara lebih, waktu yang tepat adalah pukul 10-12 siang. Di karenakan pada waktu itu matahari tepat berada diatas kepala dan membuat pantulan cahaya yang mempesona.

26. Goa Seralong

Tempat Wisata Jogja: Selain berwisata alam ditempat ini para pengunjung bisa sekaligus berwisata sejarah, dengan adanya cerita bahwasannya Goa Seralong dulunya digunakan sebagai markas grilya Pangeran Diponegoro dalam perang Jawa melawan tentara Hidia Belanda. Sekarang obyek wisata tersebut sudah dilengkapi dengan area bumi perkemahan yang sangat asri.

Selain itu di sekitar Goa Seralong juga sedang diproses pengembangan obyek agrowisata dengan diisi dengan pohon klengkeng untuk daya tarik utamanya. Goa Seralong berlokasi di dukuh Kembangputihan, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta / sekitar 14 km ke arah selatan Kota Yogyakarta.

27. Taman Pintar

Tempat Wisata Jogja: Pada dasrnya Taman Pintar Yogyakarta adalah salah satu wisata pendidikan atau wisata eduksi terfavorit di kunjungi wisatawan. Napaknya belum lengkap jikalau tak mengunjungi Taman Pintar ketika sedang berada di Kota Yogyakarta ya. Taman ini menyajikan wahana belajar dan rekreasi yang lumayan lengkap dari anak usia pra sekolah sampai tingkat menengah.

Pembahasan ringkas daripada konsep pembelajaran yang dijalankan pada Taman Pintar ini ialah bertujuan untuk meningkatkan mutu penguasaan materi pendidikan. Taman yang merupakan kawasan terpadu dari berbagai macam wahana belajar dalam satu lokasi adalah suatu keistimewaan tersendiri sehingga menjadi ikon wisata pendidikan di Yogyakarta.

Lokasi taman yang sudah populer ini yaitu Jalan Penembahan Senopati No. 3, Yogyakarta. Lokasi tersebut dulunya digunakan sebagai tempat shooping center dan sekarang pindah di sebelah utara Taman Pintar.

28. Air Terjun Sri Gethuk

Tempat Wisata Jogja: Inilah Green Canyonnya Jogjakarta, keunikan air yang mengalir di Air Terjun Sri Gethuk ini tidak mengenal musim, baik di musim hujan maupun kemarau. Saking populernya, tak hanya pelancong dari Jogja saja yang mengunjunginya, bahkan banyak pula dari wilayah luar kota. Obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk merupakan tempat wisata yang terpadu dengan Goa Rancang Kencono, situs purbakala, bumi perkemahan serta area pemancingan yang berada di Dusun Menggoran.

Lokasi : Dususn Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mengaksesnya ada dua pilihan yakni lewat jalur utama ( Wonosari – Pathuk – pertigaan gading – Playen – Bleberan ), dan menggunakan jalur alternatif ( Imogiri barat – Jalan panggang – Panggang – Paliyan – Playen – Bleberan ).

29. Air Terjun Curug Indah

Tempat Wisata Jogja: Pesona yang tersembunyi yang memiliki banyak curug dengan ketinggian dan bentuk yang bervariasi serta ada kolam dibawahnya. Tempat wisata kali ini sangat berpotensi, karena tertotal terdapat 6 curug yang mana mempunyai ciri khas nan eksotis bagi siapapun yang mengunjunginya. Paronama di sekitar wisata seakan tak mau kalah dengan di kelilingi pepohonan yang rindang nan hijau.

Oke deh, Air Terjun Curug Indah berada di Desa Tegalrejo, Kecamatan Gedangsari, kecamatan Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia. Oh iyaa ... ! setelah mengetahui letaknya apa Kamu hanya duduk manis saja. Ayo guys jangan lupa mengeksplorya ya !!!

30. Kampung Wijilan

Tempat Wisata Jogja: Obat lapar di Kampung Wijilan Yogyakarta adalah dengan makanan andalan dan khasnya berupa GUDEG. Gudeg ialah makanan khas Kota Jogja yang berbahan utama nangka muda ( gori ), memiliki rasa manis dan gurih. Dalam penyajiannya dilengkapi dengan beberapa lauk seperti telur, ayam kampung, tempe bacem, tahu bacem serta sambal krecek.

Selain bisa menikmati masakan gudeg di tempat ini, pengunjung juga bisa memesan untuk di bawa pulang sebagai oleh-oleh sanak kerabat di rumah, terlebih gudeg kering sebab memiiki daya tahan sampai 3 hari. Beberapa penjual dengan senang hati akan menunjukkan pada pengunjungnya cara membuat gudegnya, bahkan adapula paket wisata tentang pembuatan gudeg.

31. Pabrik Gula Madukismo

Tempat Wisata Jogja: Di musim penggilingan tebu tepatnya pada bulan Mei – September, para wisatawan dapat melihat dari dekat proses produksi gula secara langsung. Awal proses dengan melakukan pemerahan nira untuk mendapatkan sari gula yang kemudian pemurnian dengan cara sulfitasi, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula dan tahap terakhir pengemasan gula.

Serta pada musim itulah wisatawan juga bisa menyaksikan ritual Cembengan yang di lakukan warga sekitar dan karyawan pabrik dengan harapan agar proses penggilingan berjalan lancar. Selama ritual masih berjalan, ada acara kirab tebu temanten dan bermacam kesenian lainnya mulai dari pasar malam, jathilan , pementasan wayang kulit semalam penuh dll.

Anda juga diperkenankan melihat mesin-mesin tua yang mana menjadi alat produksi di Pabrik Gula Madukismo. Alamat Pabrik Gula Madukismo adalah Desa Padokan, Tirtonirmolo, Kasihan, Bantul, Yogyakarta.

32. Hutan Pinus Mangunan

Tempat Wisata Jogja: Keindahan serta keelokan pemandangan dari hutan pinus menjadikannya sebagai lokasi terbaik berfoto bahkan prewedding. Waktu terbaik untuk menikmati segala kelebihannya ialah pada pagi hari, selain merasakan hawa yang masih sejuk, kalian juga akan melihat pemandangan alam nan memukau dan sangat menarik untuk di abadikan lewat jebretan kamera.

Hutan Pinus Magunan juga menjanjikan ketenangan bagi siapapun yang berwisata di dalamnya. Hampir saja kelewatan, bagi Kalian yang suka dengan petualangan boleh mencoba trekking mengikuti outbond Wartu Abang menuju ke sumber mata air Bengkung. Lokasi Hutan Pinus Mangunan berada di Desa Dlingo, Mangunan, Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

33. Upside Down World Jogja

Tempat Wisata Jogja: Rasakan sensasi keseruan dunia terbalik di obyek wisata yang baru ngehits yakni Upside Down World Jogja. Ya benar, Yogyakarta adalah kota kedua yang dipilih oleh Upside Down World Indonesia setelah Bali. Hanya membayar sebesar Rp 60.000 / orang dewasa dan Rp 40.000 / anak-anak, kamu sudah bisa merasakan sesasi terbalik dengan di temani seorang Guest Assistance untuk memandu menjelajah di tiap spot.

Guest Assistence juga bisa menjadi juru foto serta memberi arahan gaya tanpa harus membayar lagi. Semua furniture beserta prabot rumah tangga semuanya asli hloo, tidak percaya ? datang saja ke Jl. Ring Road Utara, Maguwoharjo, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman, Yogyakarta.

34. Hutan Kalibiru

Tempat Wisata Jogja: Hutan Kalibiru berada di kawasan perbukitan Menoreh yang mana berada di ketinggian sekitar 450 mdpl, sehingga memiliki udara sejuk khas pegunungan yang sangat menyegarkan. Untuk bisa menikmati semua fasilitas beserta wahan di Hutan Kalibiru, setiap pengunjung diwajibkan membayar tiket masuk sebesar Rp 5.000, parkir motor Rp 2.000 dan parkir mobil Rp 5.000.

Kenyaman wisata pastinya diutamakan dengan adanya fasilitas-fasilitas pendukungnya seperti area parkir, warung makan, fasilitas MCK, pendopo, homestay, camping ground, fasilitas outbond dan masih banyak fasilitas lainnya. Agar dapat menikmati pemandangan alam dengan spot terbaik, sangat saya sarankan untuk naik menara pandang di atas pohon dan bagi pengunjung yang ingin berfoto di tempat tersebut harus membayar biaya tambahan sebesar Rp 10.000 saja.

Wisata alam Hutan kalibiru berada di Jl. Sermo – Kalibiru, Hargowilis, Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

35. Bukit Parang Endog

Tempat Wisata Jogja: Di Bukit Parang Endog merupakan salah satu tempat lain di Jogja yang sangat berpotensi untuk menikmati megahnya matahari terbenam. Bukit tersebut sebenarnya adalah sebuah bukit yang digunakan sebagai landasan paralayang yang dipergunakan pada event-event tertentu. Selebihnya , tempat ini dimanfaatkan untuk menikmati indahnya senja berlatar belakang laut selatan nan luas.

Istimewanya ialah pemandangan matahari terbenam yang telah melewati garis horison adalah pemandangan yang eksotis indahnya. Anda bisa menikmati itu semua di Desa Girijati, Kecamatan Purwosari, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, Indonesia.

36. Pantai Ngandong

Tempat Wisata Jogja: Memang Pantai Ngandong sangat bersih, indah serta alamnya masih original atau bahasa kerennya virgin ( perawan ). Selain memiliki pasir putih yang lembut bah bedak bayi, pantai ini juga memiliki ombak yang relatif bersahabat. Hal itulah yang membuat Pantai Ngandong menjadi tempat favorit wista keluarga.

Dengan kursi-kursi yang disediakan pemilik warung, menambah kenyamanan dalam menikmati semua keindahannya. Terlebih lagi denga suasana pantai yang belum terlalu ramai pengunjung, tentunya berwisata di pantai Ngandong bersama keluarga akan semakin seru dan menyenangkan. Yuk berlibur ke Pantai Ngandong yang terletak di Desa Sidoarho. Kecamatan tepus, Gunung Kidul, Yogyakarta, Indonesia.

37. Puncak Kosakora

Tempat Wisata Jogja: Bukit dengan ketinggian kurang lebih 50 mdpl ini tergolong tempat wisata yang masih baru dan tentunya belum banyak terjamah oleh wisatawan. Puncak Kosakora sendiri menyimpan paronama alam yang indah luar biasa, dimana dihiasi dengan hijaunya rerumputan serta pemandangan pantai ngerumput yang lokasinya persisis di kaki bukit Puncak Kosakora.

Walaupun akses jalan menuju ke lokasi wisata cukup sulit, tetapi jika sudah mencapai puncak dan melihat keindahan yang di sajikan maka semua terasa terpuaskan. Puncak Kosakora sangat popler sebagai tempat selfie di kalangan anak muda kekinian yang hobi traveling. Selain itu, Kalian juga bisa camping bersama teman-teman, sahabat, pacar bahkan keluarga.

Waktu yang sangat mendukung pesona alam di bukit ini ialah pada waktu sore hari, karena pada waktu tersebutlah pemandangan sunset sangat menajubkan indahnya. Adapun cara untuk menuju ke lokasi yakni : Jogja – Piyungan – Patuk – Sambipitu – lanud TNI – Siyono – Bundaran Tugu BPD lurus ke arah timur – Wonosari – Jalan Baron – Tanjungsari – Pos Retribusi Kawasan Pantai Gunungkidul – mengikuti jalan ke arah Pantai Drini – Puncak Kosakosa.

38. Kebun Buah Mangunan

Tempat Wisata Jogja: Pemandangan di Kebun Buah Mangunan ini benar-benar menyenangkan sekaligus menyejukkan. Bagaimana tidak, obyek utama taman buah ini adalah puncaknya yang memiliki paronama alam berupa hijaunya Pegunungan Sewu yang bisa menenangkan jiwa siapapun yang melihatnya. Pemandangannnya semakin lengkap dipadu dengan Sungai Oyo yang airnya nampak hijau toska nan jernih.

Dipuncaknya disediakan gardu pandang yang letaknya di sebelah selatan, waktu paling mendukung adalah pada sore hari menjelang senja untuk menikmati pemandanagn sunset di atas bukit. Kebun Buah mangunan di tanami berbagai tamnaman buah-buahan seperti rambutan, belimbing, durian dan masih banyak lagi.

Lokasi Kebun Buah mangunan berada di Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Indonesia.

39. Desa Wisata Nglinggo

Tempat Wisata Jogja: Wisata alam yang menyajikan pemandanagn luas kebun teh yang berlokasi di Dusun Ngliggo, Desa Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kulonprogo, Yogyakarta. Pengunjung dapat menikmati keindahan alam perbukitan menoreh dan juga bisa melihat petani memetik daun teh. Di setiap hari libur tempat wisata ini selalu ramai pengunjung anak-anak muda.

Di area kebun teh juga sudah disediakan tempat bersantai yang mana untuk menikmati alam bersama keluarga, teman ataupun pacar. Desa Nglinggo dijadikan tempat wisata tak lain karena memilik daya tarik keindahan alam pegunungan. Selain bisa menikmati keindahan kebun teh di kawasannya juga ada air terjun dan perkebunan teh yang tak kalah indahnya.

40. Taman Pelangi

Tempat Wisata Jogja: Obyek wisata Taman Pelangi hadir sebagai wahana wisata keluarga yang sangat cocok. Di tempat ini para wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan lampion berwarna warni dan bentuk serta ukuran yang beragam. Setelahnya pengunjung akan di sambut dengan aneka lampion berbentuk hewan maupun tumbuhan, hingga karakter tokoh kartun populer.

Taman wisata ini tak hanya menyajikan kemeriahan lampion sebagai daya tarik utamanya, tetapi banyak wahana perminan yang disediakan seperti bom-om car, trampolin, sepeda tandem, speed boat, bola air, perahu dayung, dan Puri Hantu. Sementara wisata kulinernya Kalian bisa mengobati perut lapar di area food count.

Taman Pelangi berada di halaman Monumen Jogja Kembali, Jl. Lingkar Utara, Kota Yogyakarta, Indonesia.

41. Bukit Bintang

Tempat Wisata Jogja: Bukit Bintang atau Bukit hargo ( nama asli ) adalah tempat wisata yang lokasinya berada di Perbukitan Pathuk, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia. Bukit ini merupakan tempat yang paling sempura utuk melihat kecantikan kerlap-kerlip cahaya lampu yang berasal dari rumah-rumah penduduk Yogyakarta.

Lokasinya yang berada di ketinggian sekitar 150 meter di atas Kota Yogyakarta, menjadikan udara disekitar cukup sejuk dan cenderung dingin. Walaupun tempat wisata tersebut memiliki paronama bagus di siang hari, alangkah lebih sempurna keindahannya ketika malam hari. Maka tak bisa dipungkiri wisatawan yang datang di malam hari lebih banyak dari pada di waktu siang hari. Oke sob, selamat jalan-jalan !!!

42. Desa Wisata Kedung Miri

Tempat Wisata Jogja: Desa nan asri wah indahnya, meskipun kawasannya berstatus desa wisata, nampun tak ada pungutan biaya sedikitpun ketik memasukinya hlo. Keunggulan disisni adalah bentangan alam yang dikelilingi perbukitan karst serta aliran Sungai Oya. Sebagai ikonnya ialah Jembatan Kuning Imogiri, yang lebih di kenal sebagai Jembatan Gantung Selopamioro berbahan kayu yang dicat kuning.

Berada di dalamnya juga ada wisata eduksi belajar gamelan Jawa, dan wisatawan di wajibkan membayar tiket sebesar Rp 35.000 / orang jika ingin memasukinya. Dan jangan sampai lupa untuk mencicipi kuliner khas Imogiri berupa Sate Klathak. Jangan kaget ya, karena kuliner ini hanya di bumbui dengan garam dan penyajiannya menggunakan jeruji sepeda. Walaupun begitu, jeruji sepeda dipercaya dapat menghantarkan panas yang oke sehingga daging masak dengan sempurna.

Desa Wisata Kedung Miri beralamatkan di Dusun Kedung Miri, Desa Sriharjo, Kecamatan Imogiri, Kabupaten Bantul, Provinsi Yogyakarta, Indonesia. Jangan lupa mampir ya guys !!!

43. De Mata Trick Eye Museum

Tempat Wisata Jogja: Dalam penyajiannya ialah berkonsep pesona tipuan mata dalam sebuah bingkai dan sangat cocok untuk melengkapi koleksi foto liburan kalian. De Mata Trick Eye Museum adalah salah satu museum unik di jogja yang berlokasi di XT Square, Jl. Veteran, Pandeyan, Yogyakarta, Indonesia. Berada didalamnya terdapat koleksi-koleksi gambar 3D yang menarik untuk spot berselfi ria lo sob.

De Mata Trick Eye Museum merupakan museum tiga dimensi pertama di Indonesia yang mana ada 120 gambar 3D yang memenuhi dinding Gedung Umar Kayam, Pasar Seni XT-Square, Yogyakarta. Sekilas diperhatikan gambar-gambar tersebut tampak biasa saja, akan tetapi jika Kamu berpose, bergaya dan didukung kamera yang diatur sesuai fokusnya, maka foto yang dihasilkan akan luar biasa uniknya.

44. Pasar Beringharjo

Tempat Wisata Jogja: Salah satu ikon sekaligus destinasi wisata belanja utama di Kota Yogyakarta. Berperingkat pasar tradisional kelas 1, Pasar Bringharjo  mempunyai layanan transaksi ekonomi berskala nasional yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan sehari-hari hingga barang bekas dan barang-barang kuno. Tetapi dengan citra yang kuat melekat pada pasar ini ialah sebagai pusat penjualan batik baik daari lembaran kain maupun pakaian jadi.

Dari memasuki pintu utamanya saja pengunjung sudah langsung disapa dengan brisan kios penjaja batik. Begitu kuat citranya sebagai pusat belanja batik, maka banyak pengunjung yang menjadikan pasar tersebut sebagai agenda utama ketika berkungung ke Yogyakarta. Selain terkenal dengan harganya yang cukup murah serta banyak pilihan dan bentuk yang beragam, membuat para penggiat belanja sangat dimanjakan di Pasar Bringharjo ini.

Lokasinya sangat gampang dan mudah dijangkau yakni berada di Jalan Ahmad Yani, kawasan Malioboro, Yogyakarta, Indonesia.

45. Green Village Gedangsari

Tempat Wisata Jogja: Tempat wisata yang menyuguhkan pemandanagn hijaunya alam pegunungan yang eksotis dari atas perbukitan. Green Village Gedangsari sangat searah bagi mereka pemburu sunset dan tempat hunting foto di Yogyakarta. Pada malam hari keindahan paronama disini juga tak mau kalah dengan menyuguhkan pemandangan cahaya bah bintang di langit yang merupakan cahaya lampu penduduk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya.

Ini merupakan spot favorit bagi penghobi jalan-jalan yang ingin berfoto dengan background cahaya pijaran lampu yang luar biasa indahnya. Lokasinya terletak di ddataran tinggi Dusun Guyangan Lor, Mertelu, diperbatasan antara kabupaten Gunungkidul, Yagyaarta dengan Kabupaten Klaten, jawa Tengah.

46. Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark

Tempat Wisata Jogja: Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark diklaim sebagai wahana waterboom terbesar, tercanggih, terlengkap se-Indonesia yang di resmikan oleh Gubernur DIY pada Minggu 20/12/2015. Tempat wisata ini berdiri di tanah kas Desa maguwaharjo seluas 7,7 Ha yang mana terletak di sebelah utara Satdion Maguwoharjo Depok.

Di dalam kawasannya terdapat 19 wahana air menarik yang siap menghibur para pengunjungnya. Selain itu, wahana ini sekaligus sedukasi bagi masyarakat guna penyelamatan diri pada saat terjadi ombak tsunami. Ingin tahu keseruan yang tersaji di dalamnya ? mari dan jangan lewatkan untuk berkunjung ke Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark di saat Anda berada di Yogyakarta ya Kawan.

47. Citra Grand Mutiara Waterpark

Tempat Wisata Jogja: Memiliki konsep eduwisata bagi pengunjungnya dan terus mengembangkan fasilitas permainan beserta area mini outbond. Para wisatawan yang datang bisa menikamti bermacam wahana air dengan Bajak laut dan awak kapal di Tortuga Pool, Bimini Pool, Peak Royal, Cascara Pool, Splas Tower dll. Kamu juga bisa bertemu dengan si Parrot Biru penjaga harta karun yang sangat baik hati.

Cerita semua keseruanmu berada di Citra Grand Mutiara Waterpark mulai pukul 10:00-17:00 setiap hari. Tiket masuk di hari Selasa – Jum’at sebesar 45.000 / orang, sedangkan weekend atau hari libur sebesar Rp 70.000 / orang. Alamat : Perumahan Citra Grand Mutiara, Diamond Hill, Jl. Wates kilometer 9, Gamping, Sleman, Provinsi DIY.

48. House of Raminten

Tempat Wisata Jogja: House of Raminten bisa menjadi alternatif tempat makan sekaligus tempat nongkrong yang asik di Yogyakarta yang buka selama 24 jam non stop. Selain itu House of Raminten merupakan sebuah iko kuliner Kota Jogja yang patut Anda kunjungi. Suasana tradisional Jawa sangat di unggulkan dengan beberapa sentuhan khas yang menarik.

Rumah makan ini menyediakan beragam menu dari menu angkringan hingga menu-menu yang namanya terdengar unik dan nyentrik, namun harga yang ditawarkan sangat bersahabat. Secara global menu yang disediakan adalah menu-menu masakan jawa sperti makanan khas angringan mulai dari nasi kucing, sate usus, sate telur puyuh, dan masih banyak lainnya yang penyajiannya ditata layaknya restoran.

Walaupun begitu harga yang di tawarkan House of Raminten cukup murah, sehingga tak sepi di datangi pengunjung. House of Raminten memiliki tiga alamat yakni di Jalan Magelang, di Jalan Kaliurang dan yang paling populer ialah di Jalan FM Noto No. 7 Kotabaru, Yogyakarta.

49. Resor Kaliurang

Tempat Wisata Jogja: Pemandangan hijau yang alami dengan udaranya yang sejuk dapat memikat hati. Resor kaliurang adalah salah satu tempat terbaik untuk menenangkan diri dari keramaian kota dengan menawarkan kegiatan wisata menarik. Lokasinya yang teletak di ketinggian 900 mdpl, membuat suasana di sekitar sangat sejuk dengan udara khas pegunungan yang menyegarkan.

Bagi pendaki Gunung Merapi, resor ini adalah tempat menginap yang bisa di bilang sempurna. Tempat berenang yang sangat di gandrungi di tempat ini berada di Air Terjun Telogo Muncar dan kolam renangnya. Selain itu masih banyak kegiatan wisata yang asyik di antaranya ialah jalan-jalan, trekking, bersantai dan sebagainya.

Resor Kaliurang beralamatkan di Desa Hagobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia.

50. Warkop Semesta

Tempat Wisata Jogja: Selain strategis tempat nongkrong yang hits dan tak pernah sepi pengunjung terlebih di sore menjelang malam hari. Selain tempat kuliner yang tak sekedar menawarkan rasa, harga, tempat akan tetapi fasilitas wifi sebagai magnet bagi oliner. Kebetulan Warkop Semesta menjadi salah satu cafe favorit untuk makan, bersantai, mengerjakan tugas kuliah, pertemuan, ataupun menikmati kopi khas Semesta.

Jika teman-teman ingin mengeksplornya wisata kuliner sekaligus tempat nongkrong ini terletak di Jl. Abubakar Ali No.2, Kotabaru, Gondokusuman, Kota Yagyakarta ( dekat Malioboro ). Udah deh tak usah ragu akan keunikan dan keseruan yang di tawarkan di tepat ini. Oke sobat lest goo ... selamat berwisata !!!
\
 
About - Contact Us - Sitemap - Disclaimer - Privacy Policy
Back To Top